Sabtu, 25 April 2009

Olahraga alternatif tapi ttp keren dan menyehatkan part I

woyy..wooyy salam anjrit bro... utk sesi prtm, aku mw bahas soal capoeira ahhhh..wlopun aku jarang olahraga
tw ga asal usulnya olahraga ini?
nih ya aku critain..
jd ada 2 teori ttg asal usul capoeira,
  • yang pertama wktu abad ke-16, di Angola, Afrika, ada sekumpulan budak yang dijajah orang Portugis. Mereka hidup menderita di bawah tekanan majikan. Mereka slalu ajaa diancam hukuman gantung sm cambuks. tapi mreka ttp smangat tuk brjuang. Diam-diam mereka melawan. Dan tadaaaa.... terciptalah capoeira. Capoeira diciptakan berkat kecerdikan budak Angola mengecoh majikan mereka. Keganasan capoeira ditutupi dengan gaya bela diri yang seindah tarian dan pake nyanyian khas.
  • yang kedua sekitar tahun 1500an budak-budak Afrika yang dibawa oleh orang-orang Portugis ke Brazil untuk bekerja di perkebunan-perkebunan besar berhasil mengembangkan suatu jenis bela diri yang bertujuan utk meloloskan diri di hutan pada saat dikejar oleh pemburu profesional capitães-do-mato (kapten hutan). Pertarungan mereka biasanya terjadi di tempat lapang dalam hutan yang dalam bahasa (salah satu bahasa tupi guarani(salah satu bahasa pribumi di Brazil) disebut caá-puêra – beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa inilah asal dari nama seni bela diri tersebut.
Ketika hukum untuk menghilangkan perbudakan muncul dan Brazil mulai mengimport pekerja buruh kulit putih dari negara-negara seperti Portugal, Spanyol dan Italia untuk bekerja di pertanian, banyak orang negro terpaksa berpindah tempat tinggal ke kota-kota. dan karena banyak dari mereka yang tidak mempunyai pekerjaan mulai menjadi penjahat Capoeira, yang sudah menjadi urban dan mulai dipelajari oleh orang-orang kulit putih, di kota-kota seperti Rio de Janeiro, Salvador da Bahia dan Recife, mulai dilihat oleh publik sebagai permainan para penjahat dan orang-orang jalanan, maka muncul hukum untuk melarang Capoeira.

Lama-lama, Capoeira mulai dikenal sebagai bela diri yang agresif. Kebrutalan capoeira makin parah sejak terjadi pembebasan budak pada tahun 1888. Banyak bekas budak miskin yang menganggur kemudian membentuk geng capoeira untuk berbuat kejahatan. Ini membuat Pemerintah Brasil berang dan melarang olahraga ini pada tahun 1892. Mereka yang ketahuan berlatih atau mengajarkan bela diri tersebut akan dihukum berat. Hukumannya berupa pemotongan otot, lutut, bahkan tenggorokan.tetapi, pada tahun 1937, Getulio Vargas, Presiden Brasil pada masa itu, setuju mencabut larangan capoeira. Beliau malah ingin mempromosikan capoeira sebagai olahraga khas Brasil.

Nahh, itulah sejarah capoeira yang saya dapatkan. trus apa sih kelebihan capoeira?
capoeira bisa memadukan antara seni bela diri dan seni tari, that's the different dude... (bkn dude herlino lho). selain itu kita juga bisa belajar akan filosofi, nyanyian, dan alat musik ala Brazil. Dan tujuan utama dari Capoeira adalah bukan utk kekerasan, ttpi utk menghindarinya.

sumbernya wikipedia dan kompas.

2 komentar:

MU Fans mengatakan...

Lumayanlah ceritanya gus....Oh ya, klo kau mau nanya2 ttg blog, tanya aq aja...ok?

ZeanE mengatakan...

sippp..gaya kali kw telor
kekmana caranya nghasilkn duit dr blog
itu yg penting
sring2lah kw mampir ke blog ku ya

kampungblog

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia